Cara Bermain Gitar Dengan Mudah

Gitar, alat musik petik satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Pantas saja semua orang berlomba-lomba ingin tahu cara bermain gitar. Banyak pula yang ingin bermain gitar semahir Jimmy Hendrix. Agar kelihaiannya saat bermain gitar diakui banyak orang. Percaya Atau Tidak, Musik Bisa Mengubah Mood Seseorang. Nggak heran, demi mengetahui cara bermain gitar yang baik dan benar, beberapa orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya. Lalu bagaimana buat kamu yang ingin tahu cara bermain gitar tapi belum pernah menyentuh gitar sama sekali sebelumnya? Buat kamu yang tak memiliki budget buat kursus, cara bermain gitar bisa dipelajari sendiri kok.


Berikut langkah-langkah cara bermain gitar untuk pemula.



1. Tentukan posisi bermain gitar yang pas dan nyaman

Sebelum mulai berlatih, langkah pertama cara bermain gitar untuk pemula adalah mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar. Kamu bisa mencoba untuk membuat diri merasa nyaman saat membawa gitar. Sebagai pemula, kamu bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-nekan senar sembarangan. Jika kamu merasa kurang nyaman maka kamu bisa mengganti posisi gitar. Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. karena, jika kamu tidak nyaman dengan posisi dudukmu, akan membuatmu tidak fokus saat belajar atau bermain bemain gitar.


Berikut ini langkah-langkah menentukan posisi yang nyaman:


  •  Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
  •  Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri   membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.
  •  Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara   asal,  mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.
  •  Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap hari dengan waktu kurang lebih 10 menit untuk   membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin tidak   terbiasa dan terasa capek atau sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.




2. Pelajari cara tuning atau menyetel senar gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, maka saatnya kamu belajar untuk menyetel senar gitar. Karena, nggak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu dan dapat didengar dengan indah.


Belajar cara tuning senar gitar itu penting karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.


Tips cara menyetel senar gitar.


  •  Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) atau juga bisa disebut Bass Gitar sampai ke bawah (yang paling tipis) biasanya sering dibuat melody, urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.
  •  Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.


Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya. Nah, untuk awalan, kamu bisa minta bantuan temanmu yang sudah mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat, atau bisa dengan membeli alat tuner di toko musik atau toko gitar bisa juga di download di HandPhone kalian. Usahakan mulai tidak melihat contoh dari teman atau alatnya ketika sudah merasa ada feeling yang tepat di gtar. Jangan selalu melihat teman atau alat tuner itu bisa membuat kamu tidak terbiasa dan menjadi lama untuk segera bisa tuning secara pribadi.



3. Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar

Langkah selanjutnya dari cara bermain gitar untuk pemula adalah mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik.


Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya sudah kamu ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci. Untuk memudahkan proses belajar, kamu bisa mencatat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus yang bisa di cari di mana saja, atau juga dengan melihat cara di Youtube dan Google



4. Cara memetik gitar



Setelah kamu sudah mengenali chord-nya, kamu bisa mulai untuk naik level dengan belajar memetik gitar. Cara bermain gitar untuk pemula pertama yang harus dipelajari adalah kamu harus hafal penempatan jari pada setiap senar di gitar. Pada tahap ini kamu belajar menggunakan 5 jari.


Cobalah mulai dengan meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Dengan cara ini, pelan-pelan kamu bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar dengan benar.


Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.



5. Rutin berlatih memainkan kunci-kunci dasar agar jari kian lihai


Rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar. Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, kamu baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.


Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya kamu semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya. ketika kamu latuhan jari akan terasa sakit, jika itu mengganggu istirahat-lah sehari dan nantinya ujung jari kamu mengeras. jika tetap ingin latihan juga tidak masalah sesuai kekuatan jari masing - masing, nantinya jarimu ketika sudah sering bermain gitar akan terbiasa dan tidak terasa sangat sakit.



6. Mulai latihan di Lagu yang Mudah


ketika kamu sudah mulai lihai dan lancar dalam bermain gitar kamu boleh mencoba beberapa lagu yang mudah dan sedikit lambat. perlahan - lahan kamu akan terbiasa dengan lagu itu hingga akhirnya bisa, lanjut mulai lagi dengan lagu yang lebih sulit perlahan - lahan. mulai itu latihan lagu mudah hingga sulit.

contoh lagu mudah untuk dimainkan, misalnya : 

  • burung kakak tua
  • naik - naik ke puncak gunung


Lanjut yang paling susah, ketika sudah bisa mungkin mencoba lagu:

  • make you mine - PUBLIC 
  • attention - charlie puth


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan SMPK Santa Maria 2 Malang dari sekian SMP di Malang